e-informasi.com - Berbagi Informasi

Senin, 26 Januari 2015

Cara Menyusun Teks Eksplanasi

Cara Menyusun Teks Eksplanasi


Kali ini saya akan menuliskan Cara Menyusun Teks Eksplanasi Teks ini berguna bagi kamu yg masih menduduki bangku kls 7 tapi bila ingin belajar silahkan saja. Jadi bagi kamu yang mencari materi  yang menyusun-menyusun  ada disini tapi Kurikulum 2013 aja. wkwkwkw
Langsung saja saya tuliskan :

Sebelum anda mencoba untuk menyusunnya jangan harap anda langsung mencobanya karena anda perlu tahapan seperti kita berjalan tak mungkin datang langsung (kalau emang udah penasaran ayolah dimulai ).

Pengertian Teks Eksplanasi          :
Teks Eksplanasi adalah penjelasan mengenai suatu proses terjadinya hal. 
Ketika  kamu ingin menyusun teks Eksplanasi biasanya orang bingung  “bagaimana ya nyusunnya, ‘ah,, ngasal aja dech wkwkwkwk” pengalaman lho saya dulu pernah kayak gitu. Berikut strukturnya.

Struktur Teks Eksplanasi              :
---> Pernyataan Umum
---> Deretan Penjelas
---> Interpretasi
Ketika kamu mau menulisnya mungkin kamu belum mengerti apa itu Pernyataan Umum, Deretan Penjelas, Interpretasi. Dan ngak tau apa isi teksnya dan apa maksudnya itu berikut penjelasannya :
Pernyataan Umum = bagian teks ini berisi pengertian, penjelasan atau pembukaannya. Misalnya kamu menyusul teks eksplanasi tentang banjir maka perkiraannya seperti ini “Banjir adalah terbenamnya daratan karena volume air yang meningkat………….”. jangan pula kamu buatnya cuma satu paragraph nanti kamu dibilang ngak tau informasi minimal dualah. Loh kenapa kok punya saya baru satu paragraph ? karena ini cuma contoh.
Deretan Penjelas  = bagian teks ini menyangkut proses tentang hal yg kamu tulis. Kalau kamu menulis Teks eksplanasi tentang gempa bumi ya proses terjadinya gempa bumi.  Sesuai dengan pengertiannya “penjelasan mengenai suatu proses terjadinya hal” . Misalnya  kamu menulis  teks eksplanasi tentang gempa bumi kira-kira seperti ini “ Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi…………..”.  Paragraf dereten penjelas minimal harus tiga paragraph. Betul gak? Pastilah.
Interpretasi  = dan bagian teks ini menyangkut pesan. Contoh “Meskipun demikian, kensentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat Pasifik……………..”. minimal satu paragraph aja.
Catatan : teks eksplanasi hanya berguna untuk bencana dan peristiwa alam tidak bisa untuk menyusun misalnya kamu mau membuat proses pembuatan gitar, itu tidak bisa. “Mengapa ? saya pun tak tau soalnya umur saya baru 13 tahun.

Kalau ada yang salah komentar aja blog selalu terbuka untuk siapa saja

Cara Menyusun Teks Eksplanasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar